Sabtu, 09 April 2011

Hello Schoolgirl (Korea.2008)



Ada dua plot utama dalam film ini, cerita pertama tentang Yeon Wo (Yo Ji Tae), seorang pria berusia pertengahan 30an yang bekerja pada sebuah kantor pemerintahan. Tinggal di sebuah apatemen bertetangga dengan Soo Yeong (Lee Yeon Hee), cewek berusia muda yang masih sekolah. Setiap hari saat memulai beraktivitas, mereka selalu bertemu di lift apartemen tempat mereka tinggal. Yeon Wo tinggal sendiri dan So Yeong hanya tinggal berdua dengan ibunya. Pertemuan di Lift berlanjut pertemuan di kereta Api, So Yeong mendekati Yeon Wo untuk meminjam dasi milik Wo, karena dia lupa membawa miliknya. Malam harinya mereka bertemu lagi, mereka menghabiskan waktu bersama, diakhiri dengan mengabadikan So Yeong berfoto-foto dengan anjing yang mereka ditemui saat perjalanan pulang.

Plot kedua adalah tentang Kang Sook (Kang In), seorang pemuda berusia 20th-an yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada Ha Kyeong (Cha Jeon An), seorang perempuan misterius yang selalu ditemuinya di stasiun kereta api. Suatu ketika saat menunggu kereta terakhir Sook memberanikan diri menyalakan korek api gas untuk Ha Yeong. Saat kereta datang Sook menarik Ha yeong untuk naik. Sejak itu kedekatan antara mereka terjalin.

Kedua plot ini saling tumpang tindih. Uniknya juga kedua plot ini kemudian mulai saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Selain pertemuan demi pertemuan yang memperkuat kedekatan mereka, hubungan unik juga tercipta antara keempat karakternya. Beberapa adegan-adegan yang mempertemukan mereka menjadi kekuatan plot film ini. Seperti adegan pertemuan Soo Yeong dengan Ha Kyeong di stasiun kereta, karena kamera Ha Kyeong yang menarik minat Soo Yeong. Atau kenyataan bahwa Sook adalah petugas kebersihan di kantor tempat Yeon Woo bekerja. Atau saat Ha Kyeong menyumbangkan kameranya pada stand acara amal yang dijaga oleh Yeon Woo.

Bagi Yeon Wo berhubungan dengan So Yeong seperti menatap kembali masa-masa mudanya. Karena attitude So Yeong yang sangat ceria khas remaja usia 18th, penuh pertanyaan, dan sangat perhatian padannya. Banyak sekali adegan-adengan romantis lucu yang bisa membuat kita tersenyum menikmati film ini. Salah satu adegan romantis adalah ketika Yeon Wo memberikan kejutan pada So Yeong membuat salju-saljuan, karena So Yeong pernah berkata sangat ingin melihat salju. Tetapi bukan cinta kalau tidak diselingi rintangan-rintangan yang menghalangi kedekatan mereka. Tetapi semua berlalu dengan kekuatan cinta yang mereka miliki.

Sutradara film ini mengarahkan semua dengan mood sangat santai dan sederhana. Film ini dibuat seperti tanpa beban, tanpa banyak masalah yang dilebih-lebihkan, tanpa konflik yang menyakitkan karakternya. Kisahnya berlalu romantis, jauh dari dramatisasi. Tetapi justru menjadi kelebihan film ini. Penonton dibuat tidak memiliki beban menikmatinya. Hanya tersenyum melihat tingkah karakter-karakter film yang bertindak sweet, bodoh dan terbuai pada cinta mereka. Seperti halnya film-film drama romantis lainnya, film ini juga diakhiri dengan ending manis yang memuaskan semua penontonnya.

Yang patut mendapat pujian adalah Yo Ji Tae. Aktor yang biasa selalu berperan antagonis ini Old Boy (2003) dan Midnight FM (2010) sukses melepaskan raut jahat yang biasa dia mainkan. Ji Tae tampil sebagai sosok yang terlihat sangat baik, lugu, kaku dan kikuk. 
 
Director:
Ryu Jang Ha
Screenplay:
Kim Da Yeong
Cast :
Yoo Ji Tae – Yeon Wo
Lee Yeon Hee – Soo Yeong
Kang In – Kang Sook
Chae Jeon An – Ha Kyeong
Kim Kang Woo - Cameo
Genre:
Romantic Comedy



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar