Jumat, 08 April 2011

Finding Mr.Destiny (Korea.2010)


Ji Woon (Lim So Jung) bekerja sebagai director pemetasan teater musikal. Menjelang pementasan seorang pria memberikannya sebuah cincin. Sang Pria adalah seorang pilot yang akan terbang. Dengan bijak Ji Woon menolak permintaan sang pria untuk mengikatnya karena belum yakin dan siap untuk itu. Tanpa Ji Woon sadari sang pilot menyimpan cincin ke dalam tasnya yang kemudian ditemukan oleh ayah dan adiknya. Mereka berasumsi Ji Woon menerima lamaran sang Pilot.  

Ayah Ji Woon belakangan tahu atas penolakan anaknya. Dia kemudian juga tahu bahwa Ji Woon masih menyimpan kenangan cinta pandangan pertama Ji Woon untuk Kim Jong Ok ketika berlibur ke India. Pertemuan Ji Woon dengan Jong Ok begitu memberikan kesan yang mendalam buatnya. Dia pernah berpikir bahwa suatu saat jika mereka jodoh pasti akan bertemu kembali. Saat mereka berjanji akan bertemu kembali di Osaka, tetapi pertemuan itu tidak pernah terjadi. Meskipun demikian perasaan Ji Woon masih mengatakan bahwa Jong Ok masih ada untuknya.

Mengetahui ada sebuah perusahaan “Finding Your First Love” yang baru saja didirikan oleh Gi Joon (Gong Yoo), Sang Ayah meminta bantuan Gi Joon untuk membantu mencari cinta pertama Ji Woon. Awalnya Ji Woon berpikir ayahnya terlalu mengada-ada, tetapi kemudian diapun menjalani permintaan ayahnya. Toh tidak ada salahnya, kalau ketemu untung kalau tidak mungkin memang bukan jodoh. Tetapi justru inilah kemudian yang mengubah jalan hidupnya, kebersamaan bersama Gi Joon mengubag segalanya, membuat merasakan cinta yang lain. Tipical plot film-film drama komedi romantis yang sangat umum sekali, tetapi bagi filmmaker Korea dihasilkan dengan sangat menarik.

Bersama-sama kemudian mereka melakukan investigasi mencari tahu keberadaan Jong Ok. Berbagai sudut kota dan pelosok Korea mereka datangi untuk menemukan Jong Ok. Tentu tidaklah mudah. Berbagai macam karakter orang-orang yang mengaku bernama Jong Ok mereka temui, dari yang tua, yang muda dan bahkan sampai yang aneh-aneh konyol. Sering menghabiskan waktu bersama tentu membuat mereka mulai merasakan ada sesuatu diantara mereka berdua. Terutama Gi Joon, dia seperti justru memiliki perasaan lebih untuk Ji Woon.

Hubungan mereka renggang karena kemudian ada informasi penting yang tidak Ji Woon beritahu pada Gi Joon. Gi Joon menemukan sebuah note tentang Osaka dari buku harian Ji Woon yang diberikan ayahnyan pada Gi Joon. Gi Joon beranggapan tentu menghalangi jalannya investigasi mereka. Sejak itu mereka tidak bertemu lagi sampai kemudian seorang yang mengaku bernama Jong Ok menghubungi Ji Goon mencari keberadaan Ji Woon. Tentu ini menjadi semakin berat buat Gi Joon yang terlanjur memiliki perasaan cinta untuk Ji Woon.

Bagaimanakah akhir kisah cinta Gi Joon? Akankah dia merajut cintanya dengan Ji Woon? Beranikah dia menyatakan isi hatinya pada Ji Woon? Siapakah yang akan dipilih oleh Ji Woon? Sebuah akhir yang indah tentu selalu disuguhkan untuk film komedi romantis macam ini, memuaskan karakternya dan tentu penontonnya. Sebuah twist/suprise manis juga disiapkan untuk mengakhiri manisnya film ini.

Film ini memberikan kita sebuah penuturan kisah cinta sederhana dan telah banyak dilakukan oleh film-film lain. Satu yang cukup membuat film ini memiliki nilai lebih adalah latar belakang lokasi India yang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh sutradara film ini. Gambar-gambar keberadaan Ji Woon di India ditampilkan mengiringi memori-memori Ji Woon tentang Jong Ok yang kerap kali menghampirinya. Sub-plot mengenai kesibukan Ji Woon sebagai director pementasan teater musikal yang detail juga mengisi keutuhan jalan cerita film ini.

Gong Yo dan Lim So Jung bermain pas. Mereka bisa dikatakan serasi, sebagai partner kerja yang kemudian saling jatuh cinta. Gong Yo berhasil memperlihatkan karakter yang charming sekaligus konyol. Gong Yo memang salah satu aktor Korea yang selalu berhasil memaikan mimik wajah tanpa dosa, bodoh dan mengemaskan. 


Director:
Jang Yu Jung
Screenplay:
Jung Soo Kyung
Cast:
Lim So Jung – Ji Woon
Gong Yoo – Gi Joon
Genre:
Romantic Comedy

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar