Senin, 28 Maret 2011

Another Year (UK.2010)

Director : Mike Leigh
Cast : Jim Broadbent, Ruth Sheen, Lesley Manville, Imelda Staunton, David Bradley, Phil Davis, Oliver Maltman and Peter Wight

Mike Leigh menjadi salah satu sutradara asal Inggris Raya yang selalu memberikan penontonnya film-film berlatar belakang budaya dah kehidupan masyarakat negeri Ratu Elizabeth tersebut dengan sudut pandang yang selalu tidak umum. Misalnya dalam Secret and Lies (1996) tema perbedaan ras yang cukup provocatif, Vera Drake (2004) kisah wanita yang melakukan praktek aborsi tahun 1960-an tanpa beban rasa bersalah karena tulus hanya ingin menolong. Jangan lupa juga dengan Happy Go Lucky (2008) bagaimana seorang Poppy selalu berusaha membuat bahagia orang-orang di sekitarnya. Begitu juga dengan film terbarunya ini, Another Year.

Another Year adalah sebuah kisah keseharian sebuah keluarga kelas menengah di London. Empat musim yang terjadi di negara tersebut menjadi pengantar kisah demi kisah yang mereka lalui. Kebahagiaan dan kesedihan datang silih berganti pada keluarga ini, baik dari anggota keluarga tersebut atau dari orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan mereka. 

Tom (Jim Broadbent) dan Gerri (Ruth Sheen) adalah pasangan suami istri berusia lanjut yang masih tampak harmonis, memasuki 30tahun usia perkawinannya. Tom bekerja sebagai seorang Geologist dan Gerri adalah seorang Psychotherapist. Joe (Oliver Maltman) adalah anak lelaki satu-satunya yang berkerja di salah satu lembaga hukum. Keseharian meraka selain bekerja adalah berkebun dan berkumpul bersama teman-teman dekat mereka.

Salah satu teman deket mereka adalah Mary (Lesley Manville). Mary bekerja satu instansi dengan Gerri. Hubungan persahabatan ini telah terjalin sejak 20 tahun lamanya, bahkan Mary begitu kenal dengan Joe, yang sudah dianggapnya seperti keponakan sendiri, dan bahkan pada beberapa adegan terlihat Mary seperti sedang mencari perhatian Joe. Mary menjadi salah satu isu utama dalam kehidupan Tom dan Gerri selama ini. Kegagalan pada pernikahannya berujung pada kesendirian bertahun-tahun yang dilalui membangun pribadinya menjadi sosok yang lemah, menyedihkan dengan kerap kali berusaha menjadi pusat perhatian semua orang di sekitarnya.  

Musim demi musim menjadi pembatas kisah demi kisah dalam film ini. Setiap musim berganti semua anggota keluarga dan para teman dekat berkumpul untuk saling membicarakan kehidupan dan rencana hidup selanjutnya. Kebahagian dan kesedihan yang hadir diantara mereka menjadi penguat ikatan kekelurgaan dan persabatan diantara mereka. Inilah sebuah film tentang bagaimana manusia hidup saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Naskah film ini mengambarkan pada penonton bahwa hidup akan terus berjalan, tanpa kita bisa tahu akan dibawa kemana. Kesedihan atau kebahagiaan yang akan kita temui pada ritme-ritme hidup kita tentu tergantung bagaimana tujuan hidup kita bangun sebelumnya. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berusaha menjadi lebih baik jika kemudian kegagalan kita temui dalam menjalani hidup ini. Pribadi yang berjiwa besarlah yang mampu untuk kembali bangkit menatap hidup yang terus berjalan.

Tidak salah kemudian Academy Award 2011 lalu memberikan film ini nominasi untuk naskah asli terbaik, namun harus mengakui keunggulan The King’s Speech. Sebuah catatan unik adalah Mike Leigh tidak pernah membuat naskah untuk filmnya, biasanya beliau mengumpulkan para aktor yang akan membintangi filmnya, latihan dan berdiskusi bersama bagaimana karakter-karakter dalam film tersebut membangun karakternya masing-masing, sehingga karakter-karakter tersebut menjadi kuat. Tetapi uniknya film-film leigh selalu mendapatkan nominasi Oscar untuk naskah asli terbaik. Tercatat telah 4 kali naskah film Leigh dinominasikan oscar, Another Year (2010), Happy Go Lucly (2008), Vera Drake (2004) dan Secret and Lies (1996).   

Selain naskah yang bagus, akting yang dibawa para pemain begitu natural, terutama Lesley Manville yang berperan sebagai Mary. Manville membawakan Mary sebagai sosok yang terlihat kuat di luar tetapi begitu rapuh di dalam. Salah satu akting terbaik tahun ini. BAFTA 2011 memberinya nominasi untuk aktris pendukung terbaik. 




2 komentar:

  1. Dem, Don. Gara2 lo gw jd demen film2 Mike Leigh, hahaha. Niy review ringan Abigail's Party gw, http://katshuya.blogspot.com/2012/01/abigails-party-uktv-play1977.html

    Lesley Manville disini mirip banget dengan Alison Steadman, tetep dapet annoying-nya, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo harus nonton film2 leigh yg tahun 90an. lebih keren2 sih.

      Hapus